Tapin Bini sentra Durian Lamandau

0
19

Kelurahan Tapin Bini merupakan sentra buah Durian di Kabupaten Lamandau, provinsi Kalimantan Tengah. Di Kelurahan Tapin ini banyak beraneka ragam jenis Durian yang ditanam oleh penduduk setempat. Satu jenis durian yang paling terkenal, bukan saja karena rasanya yang manis tetapi juga daging durian itu sangat tebal, warga Tapin Bini menyebutnya durian otak udang.

“Walau durian lokal, durian otak udang merupakan satu jenis durian yang paling diburu dan masuk dalam kategori durian super,” kata Hendra Lesmana Bupati Lamandau.

Sementara itu, Lurah Tapin Bini Indra Yudi menyampaikan meskipun dibudidayakan secara tradisional, namun masyarakat sudah sangat antusias membudidayakannya, karena nilai ekonomisnya lebih tinggi. Sayangnya, Tapin Bini terkendala oleh sulitnya akses jalan, dengan terkendala akses jalan sehingga menyulitkan masyarakat untuk mengangkut hasil hutan tersebut keluar dari hutan.

Indra Yudi mengakui di Tapin Bini banyak sekali jenis buah durian, dari durian santa, durian kusi, durian liyauan, durian sadawak, dan durian mahawa, namun yang paling terkenal adalah durian otak udang. Durian Otak Udang Paling bagus dan paling diminati banyak orang karena aromanya harum, manis dan dagingnya tebal.

Lurah juga berharap jajaran atas pemerintahan kabupaten serta masyarakat dapat menaikan pamor durian otak udang sebagai durian lokal yang berkualitas, sehingga menjadi magnet bagi masyarakat untuk mengunjungi Desa Tapin Bini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here