Unsur pimpinan 3 Desa Usulkan Desa Adat

0
125

Unsur pimpinan Desa Tumbang Oroi, Desa Tumbang Samui, dan Desa Luwuk Takau, Kecamatan Manuhing mengunjungi DPRD Kabupaten Gunung Mas untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Ketua DPRD dan Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kabupaten Gunung Mas. Kedatangan unsur pimpinan 3 Desa tersebut disambuat baik oleh kalangan DPRD Gunung Mas (17/2/2020).

Para unsur pimpinan Desa Tumbang Oroi, Desa Tumbang Samui, dan Desa Luwuk Takau didampingi oleh Ir. Sipet Hermanto, M.Si selaku Penasehat Yayasan Borneo Institut (BIT), kedatangan mereka adalah untuk mengusulkan agar desa-desa mereka ditetapkan menjadi desa adat. Desa adat merupakan unit pemerintahan yang dikelola oleh masyarakat adat dan mempunyai hak untuk mengurus wilayah (hak ulayat) dan kehidupan masyarakat dalam lingkungan desa adat.

Mantan kepala dinas kehutanan Ir. Sipet Hermanto mengatakan jika nantinya usulan Desa Adat tersebut disetujui maka itu merupakan sebuah peluang bagi masyarakat suku Dayak yang nantinya akan tercipta UU desa yang dapat memberikan perlindungan bagi kearifan lokal dalam melaksanakan aktivitas adat istiadatnya, UU desa nantinya bisa mengakomodir kepentingan adat budaya.

Kesimpulan bahwa DPRD sepakat mendukung dan siap utk rapat teknis dg pihak Yayasan BIT bersama Tim Panitia Persiapan pembentukan Desa Adat, disarankan agar ketiga desa mulai dari pintu gerbang desa sudah menggambarkan adat budaya bahkan ciri2 rumah/bangunan dan lain sebagainya, nantinya akan ada rapat intern dengan bupati dan instansi teknis pemerintah kabupaten oleh Bapemperda DPRD Kabupaten Gunung Mas. Sehingga perda tentang Desa Adat di Kec Manuhing Raya Kabupaten Gunung Mas bisa disahkan pada tahun 2020 ini.

Tidak lupa juga dalam kesempatan itu Unsur pimpinan Desa Tumbang Oroi, Desa Tumbang Samui, dan Desa Luwuk Takau, Kecamatan Manuhing menyerahkan beberapa Dokumen guna kepentingan tercapainya usulan menjadi Desa Adat yang telah mereka harapkan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here